Wednesday, September 22, 2010

Gianyar Yang Berawal Di Bengkel

Sebagai kota seni di Bali, kabupaten Gianyar menyimpan banyak situs - situs bersejarah bahkan sejak zaman prasejarah. Namun tidak sedikit pula sahabat – sahabat yang belum mengetahui bahwasanya Gianyar sesungguhnya dimulai dari sebuah desa di wilayah Bengkel. Semoga tulisan berikut dapat bermanfaat.

Tersebut pada akhir abad XVI seorang anak muda yang bernama I Dewa Anom Kuning ( I Dewa Manggis ) diselamatkan oleh I Gusti Made Bija Bun ( Penguasa wilayah Bun Denpasar ) dari ancaman pembunuhan yang direncanakan oleh Penguasa Badung kala itu. Pelarian menelusuri pantai selatan hingga daerah pantai Lebih mereka menuju ke utara. Setibanya di hutan Bengkel beliau menetap bersama beberapa pengikutnya, hingga akhirnya beliau membentuk prajurit “ Watek Penamun “ yang diketuai oleh I Gede Mranggidana.
Adapun pusaka – pusaka yang beliau miliki diantaranya :
Tombak Ki Baru Alis yang merupakan anugerah dari Bhatara di Pura Gunung Jimbar
Keris Ki Baru kama yang merupakan anugerah dari Bhatara di Pura Tugu
Pusaka Ki Baru Obag – obag yang merupakan hadiah dari ayahandanya ( Dalem Sigening )
Pada masa kekuasaan I Gusti Agung Maruti di Gelgel, semua penguasa daerah bagian kerajaan Gelgel tidak mau mengakui kekuasaan I Gusti Agung Maruti hingga akhirnya masing – masing daerah berdiri sendiri membentuk kerajaan kecil baru di Bali.

Sumber : Babad Satria Kabetan

No comments:

Post a Comment