Wednesday, August 28, 2013

Nyeri Parah pada Perut "Abdominal Migrain "

Abdominal Migrain (AM) adalah jenis migrain yang menyebabkan sakit parah di daerah perut. Rasa sakit biasanya sekitar daerah pusar (pusar), yang disebut daerah periumbilical.
AM paling umum pada anak-anak dimulai pada usia 7, tetapi dapat juga terjadi pada anak-anak yang lebih muda . Biasanya, migrain perut berhenti pada saat anak-anak menjadi remaja. Namun, anak-anak yang telah mengalami AM lebih cenderung memiliki sakit kepala migrain ketika mereka dewasa. Kadang-kadang orang dewasa juga dapat terserang migrain perut.


Migrain perut menyebabkan serangan paroksismal - serangan yang terjadi tiba-tiba, dan terjadi lagi dan lagi. Serangan bisa berlangsung 1-72 jam, tetapi biasanya berlangsung kurang dari 6 jam.
Orang dengan AM biasanya memiliki setidaknya dua dari gejala lain: mual, muntah, kehilangan nafsu makan (tidak ingin makan), sakit kepala, fotofobia (diganggu oleh lampu), dan pucat (kulit pucat).
AM lebih sering terjadi pada anak-anak perempuan yang memiliki sakit kepala migrain. Hal ini menunjukkan bahwa AM mungkin memiliki penyebab genetik (penyebab yang diturunkan dari orang tua kepada anak-anak mereka).

 
Tanda dan gejala
Migrain perut dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda. Seseorang memiliki AM mungkin memiliki semua gejala ini, atau hanya beberapa.

    
Nyeri di perut yang berlangsung 1-72 jam
    
Kehilangan nafsu makan (tidak ingin makan)
    
Mual (perasaan ingin muntah)
    
Muntah (muntah)
    
Kuap
    
Kelesuan (tidak memiliki energi apapun)
    
Mengantuk (merasa sangat mengantuk)
    
Pucat (kulit menjadi pucat (lebih ringan dalam warna dari biasanya)
    
Flushing atau kulit memerah (kulit wajah, leher, atau dada bagian atas tiba-tiba menjadi merah. Hal ini terjadi ketika tubuh membuat lebih banyak hormon adrenalin, yang menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan memompa lebih banyak darah melalui pembuluh darah tubuh.  Pembuluh darah juga melebar (menjadi lebih besar))
    
Lingkaran hitam periorbital (lingkaran hitam di bawah kedua mata)
Diagnosa
Kriteria Diagnostik Migrain perut (Roma III Kriteria Pediatric)
Harus mencakup semua hal berikut:
1. Serangan mendadak yang kuat, nyeri di sekitar pusar yang berlangsung 1 jam atau lebih2. Kesehatan yang baik antara serangan dan dapat berlangsung berminggu-minggu sampai berbulan-bulan antara serangan3. Rasa sakit membuat sulit untuk melakukan hal-hal normal yang dilakukan seseorang sehari-hari.4. Ada 2 atau lebih dari gejala berikut
   5. Tidak ada masalah medis lainnya yang dapat ditemukan
     A. kehilangan nafsu makan dan / atau ketidakmampuan untuk makan.
     B. Mual
    
C. Muntah
    
D. Sakit kepala
    
E. Fotofobia: ini adalah kepekaan terhadap cahaya yang berarti cahaya sakit mata seseorang
    
F. Pucat: ini adalah ketika kulit menjadi pucat atau lebih terang dari biasanya karena masalah medis
:

Catatan: Seseorang harus memiliki minimal 2 atau lebih gejala serangan migrain perut pada tahun laluDiadaptasi dari Komite Roma III Fungsional Gastrointestinal Disorder Anak / Remaja 2006 [2]
Kriteria Diagnostik Migrain perut (ICHD-II) [3]
Kriteria diagnostik:

    
Setidaknya 5 serangan memenuhi kriteria B-D
    
Serangan perut nyeri yang berlangsung 1-72 jam (tidak diobati atau berhasil diobati)
    
Nyeri perut memiliki semua karakteristik sebagai berikut:
    
lokasi garis tengah, periumbilical , intensitas sedang atau berat
Selama sakit perut setidaknya 2 hal berikut:

    
anoreksia
    
mual
    
muntah
    
kepucatan
    
Tidak dikaitkan dengan gangguan lain
Catatan: Secara khusus, riwayat klinis dan pemeriksaan fisik tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit pencernaan atau ginjal atau penyakit tersebut telah dikesampingkan oleh pemeriksaan yang sesuai.
Untuk mendiagnosa migrain perut, terlebih dahulu dokter mengambil riwayat klinis pasien (di mana dokter mengumpulkan informasi mengenai semua masalah medis dan perawatan medis pasien ). Dokter juga mengambil riwayat keluarga (mengumpulkan informasi tentang kesehatan anggota keluarga '), karena banyak masalah medis mungkin kondisi medis diwariskan. Ini berarti bahwa masalah dapat diturunkan dari orang tua kepada anak-anak, mungkin karena masalah dalam gen keluarga. Kebanyakan orang dengan migrain perut memiliki anggota keluarga (terutama ibu) yang juga memiliki migrain. 

Diferensial diagnosa
Sebelum membuat diagnosis akhir migrain perut, dokter harus menyingkirkan diagnosis banding. Ini adalah masalah medis lain yang dapat menyebabkan gejala yang sama seperti AM. Dokter harus memastikan bahwa pasien tidak benar-benar memiliki salah satu dari masalah-masalah lain, bukan AM:

    
Giardia lamblia - parasit yang dapat menginfeksi sistem pencernaan seseorang
    
Keracunan timbal
    
Tumor
    
Sebuah ulkus peptikum
    
Mesenterika adentis - (peradangan, atau pembengkakan, kelenjar getah bening di bawah dan di sebelah kanan pusar (pusar)
    
Irritable bowel syndrome
    
Sembelit
    
Arteri mesenterika superior (SMA) sindrom
    
Splenoptosis atau 'Wandering limpa'
   
pankreatitis - peradangan pada pankreas yang terus terjadi