Friday, April 3, 2020

Mengantisipasi Kecemasan terhadap Wabah COVID-19


Ada Lebih Dari 30 Persen Kasus Corona Yang Tak Tunjukkan Gejala ...


Hingga saat ini Jumat (3/4/2020), lebih dari Satu Juta kasus infeksi virus corona telah terkonfirmasi di 204 Negara. Sebanyak lebih dari 50 ribu nyawa melayang akibat virus yang berawal dari Wuhan, China tersebut.
Sebuah studi kasus terbesar di China menemukan, sekitar 80 persen dari pasien positif Covid-19 mengalami gejala batuk yang buruk atau ringan. Sebanyak 14 persen mengalami kondisi yang lebih parah. Sementara 5 persen mengalami kondisi kritis akibat Covid-19.

Orang-orang lanjut usia dan mereka yang memiliki penyakit penyerta seperti jantung, diabetes, paru-paru, dan hipertensi menjadi kelompok rentan terhadap ancaman parah dan kritis infeksi virus corona.

Tampak kecemasan pada sebagian masyarakat akibat ketidaksiapan menerima berbagai aliran informasi soal Covid-19. Dalam ilmu psikologi, panik atau cemas memiliki peran yang besar dalam pengambilan keputusan dan tindakan seseorang. Ketika ketakutan dan kecemasan itu menular, maka yang akan terjadi adalah orang menjadi semakin depresi, bingung, dan sebagainya.  Untuk itu, penting kesadaran untuk tidak panik dalam menghadapi situasi ini, banjirnya informasi tak akan memengaruhi psikologis seseorang jika orang tersebut siap menerima informasi tersebut. Tidak ada batasan, Kalau akses bukan seberapa banyak yang kita konsumsi. Tapi seberapa jauh siap kita menghadapi kenyataan. Ketika ada kepanikan setelah menerima beragam informasi, maka ada ketidakjelasan informasi yang diterima. Oleh karena itu, memahami soal virus corona, cara penularan, dan bagaimana mencegah agar tak tertular dari virus itu sangatlah penting dalam mencegah kecemasan serta kepanikan akan wabah Covid-19. Serta senantiasa mengikuti imbauan pemerintah agar selalu menjaga jarak minimal 2 meter ketika berada di ruang publik, dan tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak. Social distancing dan pembatasan gerak dianggap efektif untuk menekan meluasnya penularan virus corona. Selain itu, rajin mencuci tangan dan selalu membawa hand sanitizer saat bepergian.

No comments:

Post a Comment