Wednesday, November 10, 2010

Jangan Remehkan Nyeri Sendi


Hampir setiap orang pernah mengalami nyeri pada sendi terutama yang berusia lebih dari 45 tahun. Nyeri sendi sering kali tidak di hiraukan dan bahkan secara keliru langsung dianggap sebagai rematik atau asam urat. Pada kenyataannya penyebab utama nyeri sendi terutama pada usia diatas 45 tahun adalah osteoarthritis.
Menurut WHO (Badan Kesehatan Dunia), 40 % penduduk dunia yang berusia lebih dari 70 tahun akan menderita osteoarthritis lutut. Penyakit ini juga dapat menyerang berbagai golongan usia termasuk anak – anak.Osteoartritis merupakan penyakit nomor 2 setelah penyakit jantung yang mengganggu aktivitas dan produktivitas bagi penderitanya, walaupun tidak menyebabkan kematian.



Oateoartritis dikenal juga sebagai penyakit degenerative sendi, adalah peradangan yang bersifat kronis dan progresif disertai dengan kerusakan tulang rawan sendi berupa tulang rawan yang pecah. Pad oateoartritis lanjut akan terjadi penipisan tulang rawan dan hilangnya pelumas sendi sehingga kedua tulang akan bersentuhan. Sebagai akibat gesekan tulang pada sendi maka pada permukaan sendi yang aus akan terjadi pengapuran sehingga membuat sendi tersebut kaku.
Sendi yang paling sering terkena osteoarthritis adalah sendi – sendi yang digunakan sebagai penopang berat badan seperti sendi lutut, sendi tulang belakang, dan sendi panggul meskipun tidak menutup kemungkinan terjadi pada sendi tangan dan kaki.


Apabila tidak ditangani dengan baik penyakit ini dapat menyebabkan perubahan bentuk tulang sampai tidak bisa berjalan bahkan dapat pula menyebabkan kecacatan permanen pada tulang.
Bagaimanakah tanda dan gejalanya klik disini.
Apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya klik disini

Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Blog yang bagus.
    Saya izin copas gambarnya untuk tulisan di website saya ya. Nanti gambarnya akan saya link ke alamat ini.

    Terimakasih ya, kalau berkenan sekalian kita tukaran link.
    Ditunggu ya kunjungan baliknya di website saya: http://agungfarma.com/

    Salam..

    ReplyDelete
  2. @Info Kesehatan Keluarga ...
    Terimakasih atas komentar dan kunjungannya .....saya tunggu saran dan masukannya ....semoga blog ini dapat bermanfaat bagi sahabat - sahabat yang membutuhkan informasi....
    Salam Hormat

    ReplyDelete